BAB 3 Piranti Masukan

BAB 3 Piranti Masukan
      Piran masukan merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Dalam hal ini dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video dan gerakan. Ragam peranti masukan adalah seperti terlihat di bawah ini :

Penjelasan:
1.Keyboard :
      Piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf,angka ataupun kode lain menjadi isyarat yang dapat diproses oleh komputer.
Merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak pengenalannya yang pertama.Terdiri atas tombol pengetikan, angka, fungsi dan tombol kontrol.



2.ATM (Automated Teller Machine) :
      Disebut juga Anjungan Tunai Mandiri (dalam Perbankan)
ATM bekerja sebagai piranti input output sekaligus. Sebagai piranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN, angka uang, dll Sebagai piranti keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank)melihat perintah yang diketik.

3.Mouse:
      Digunakan untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar monitor. Jenis: tanpa kabel, dengan kabel dan mouse dilengkapi dengan fungsi keyboard.

4.POS (Point Of Sale) :
      Merupakan piranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian. Biasanya ditambah dengan fasilitas yang memungkimkan untuk memproses kartu kredit.
5. Trackball :
Memiliki fungsi yang sama dengan mouse. Bedanya, penggeseran penunjuk trackball dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan ke arah yang dikehendaki. Banyak diterapkan pada komputer laptop. Lebih cepat kotor oleh minyak yang ditimbulkan tangan pemakai.
6.Pointing Stick :
Adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pencil, biasanya terletak pada laptop. Dirancang untuk peka terhadap tekanan. Jika ditekan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat.



0 komentar: